BIJAK ONLINE (Padang)-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat, Drs H Salman K Memet MM, membuka dan sekaligus melaksanakan Program Madrasah Pintar Menulis, di Aula Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Padang, Rabu 29 Juli 2015.

Hadir pada acara pembukaan, Kakanmenag Kota Padang, Drs H Japeri MM, Kepala Sekolah MAN 2 Padang, Drs Syukrizal, Kabag Humas Kanwil Kamenag, waratwan senir Andri Yusran, Drs Rizky dan pemateri Yal Aziz Pemimpin Tabloid Bijak dan Padangpos.com.

Menurut Kanwil Kamenag Sumbar, Salman K Memet, Program Madrasah Pintar Menulis termasuk salah satu kegiatan unggulan dari Kakanenag Kota Padang untuk membekali pelajar MAN 2 Padang untuk melek informasi sebagaimana program secara nasonal. "Saya bangga dan senang, ternyata Kakanmenag Kota Padang langsung ekses atau berbuat menjalankan Program Madrasah Pintar Menulis," kata alumnus Fakultas Dakwah IAIN Imam Bonjol Padang ini.

Kemudian, kata Salman K Memet, kenapa program ini dilaksanakan pertama kalinya di MAN 2 Padang?, karena bedasarkan kesepakatan dinatara kepala sekolah MAN dan Kakanmenag Kota Padang. "Jadi pemilihan MAN 2 Kota Padang sebagai tempat pelaksanaan kegiatan yang pertama ini, bukan lantaran istri saya menjadi guru di MAN 2 Padang ini, tapi berdasarkan kesepakatan, " kata putra Batusangkar ini sembari tertawa.

Kepada pelajar yang akan mengikuti pelatihan jurnalistik praktis, kata Salman K Memet, agar tekun dan serius belajar. Sudah itu, belajarlah menulis berita yang baik dan sampaikan berita yang baik itu dengan niat yang baik. "Sekarang ini banyak orang pintar menulis berita, tetapi berita yang ditulisnya kurang baik dengan menabur fitnah dan saya minta kepada anak-anak pelajar, jangan sampai pula menulis berita yang tidak baik dan menabur fitnah," kata penggemar olahraga voli ini.

Sementara Kakanmenag Kota Padang, Drs Japeri MM, mengucapkan tirima kasih atas kehadiran Kankanwil Kemanag Sumbar yang masih menyediakan waktunya untuk menghadiri dan sekaligus membuka Program Madrasah Pintar Menulis yang merupakan salah satu kegiataan unggulan dari ekra kurikuler. "Program Madrasah Pintas Menulis ini akan dilakukan di semua madrah se Kota Padang, termasuk di MTsN dan MIS," katanya.

Setelah mengikuti pelatihan jurnalistik praktis yang akan dibimbing Yal Aziz, selanjutnya pelara MAN 2 Padang ingi akan menjadi wartawan pelajar, yang akan membuat berita di Webset atau portal berita MAN 2 Padang. "Jadi pelajar ini bisa menyalurkan hobi dan bakatnya menulis ke webset atau portal berita MAN 2 Padang yang merupakan media online milik mereka sendiri, dan program Madrasa Pintas Menulis ini sama dengan program Mading atau majalah dinding," kata Japeri. (Fratelo/Sendu Armi)

google+

linkedin