Tampak Kepala Badan Narkotika Nasional RI, Komjenpol DR. Anang Iskandar, SH,MH yang didampingi  Kapolda Sumbar, Brigjenpol Drs. Bambang Sri Herwanto, MH,  Bupati Solok, DRs. H.Syamsu Rahim, Wakil Bupati Solok, Drs. H. Desra Ediwan AT, MM, Kapolres Arosuka Kabupaten Solok, AKBP. Tommy Bambang Irawan dan lain-lain sedang diwawancarai awak media usai membuka Jambore BNK di Lubuk Selasih

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Pelaksanaan Jambore BNK Kabupaten Solok yang ke- IX, dimajukan jadwalnya dari pada tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya pelaksanaan Jambore BNK dilakukan bertepatan dengan tutup tahun atau dipenghujung bulan Desember, maka tahun ini dimajukan lebih cepat, berhubung masa jabatan Kepala Daerah akan berakhir pada tanggal 2 Agustus 2015 mendatang.

Jambore BNK dibuka Kamis 30 Juli 2015, bertempat di Lapangan Upacara Polres Solok. Tampak hadir pada acara pembukaan Jmbore BNK tersebut Kepala Badan Narkotika Nasional RI, Komjenpol DR. Anang Iskandar, SH,MH, Kapolda Sumbar, Brigjenpol Drs. Bambang Sri Herwanto, MH,  Bupati Solok,  H.Syamsu Rahim, Wakil Bupati Solok, Drs. H. Desra Ediwan AT, MM, Kapolres Arosuka Kabupaten Solok, AKBP. Tommy Bambang Irawan, Ketua TP PKK Kab.Solok, Ny.Hj. Erlinda Syamsu Rahim, Sekda Kab.Solok, M Saleh, SH, MM, Ketua LKAAM Kabupaten Solok, H. Syafri Dt. Siri Marajo, SH, para Kepala SKPD dan Camat se Kabupaten Solok dan para peserta Jambore BNK se Kabupaten Solok.

Ketua panitia pelaksana, H. Desra Ediwan AT dalam laporannya menyampaikan bahwa Jambore Badan Narkotika Kabupaten Solok  terlaksana berkat kerja sama dengan Polres Solok, dan instasi terkait. Dalam malaksanakan kegiatan jamboree BNK IX Kabupaten Solok dan pada tahun 2015 ini diikuti oleh pelajar SLTP,SLTA, Perguruan Tinggi, Kecamatan, Ormas, LSM dan Orsospol se Kabupaten Solok. Jumlah peserta Jambore sekita 5000 orang dan kegiatan jambore ini meliputi kegiatan perkemahan, bakti social, penyuluhan dan apresiasi seni.

“Tujuan kegiatan ini merupakan meningkatkan silaturahmi antar sesama pelajar dan pemuda dalam mengantisipasi tindakan kriminal, kenakalan remaja dan untuk menambah ketrampilan siswa dan pemuda di Kabupaten Solok,” tutur Desra Ediwan.  Pelaksanaan Jambore BNK ke IX Kab.Solok dilaksanakan dari tanggal 29 Juli s/d.31 Juli 2015.

Bupati Solok, H. Syamsu Rahim dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan Jambore Badan Narkotika Kabupaten Solok ini sudah merupakan kegiatan yang ke-9 kalinya dilaksanakan.”Kita tidak akan pernah bosan dalam menghimbau dan mensosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat akan bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Salah satu indikator penting dalam menentukan indeks pembangunan manusia (Human Defelopment Index) adalah meningkatnya derajat kesehatan manusia,” tutur Syamsu Rahim.

Dijelaskan syamsu Rahim, banyak dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba, sudah selayaknya kita semua bertekad untuk memberantasnya mulai dari diri kita sendiridan lingkungan kita, marilah kita sama-sama mengatakan TIDAK pada NARKOBA dan menguatkan tekad kita menjadikan Kab.Solok bebas Narkoba atau Zero Narkoba.

Sementara yang bertindak sebagai Irup kegiatan BNK ini adalah  Kepala Badan Narkotika Nasional RI, Komjenpol Anang Iskandar. Dalam arahannya, Komjenpol Anang Iskandar menyampaikan bahwa Kabupaten Solok adalah salah satu Kabupaten di Sumatera Barat yang terhitung sering mengadakan kegiatan Jambore dalam rangka penyuluhan Narkoba. Tahun 2015 ini merupakan ke-9 kalinya  Kegiatan BNK di Kabupaten Solok.

 “Kegiatan Jambore yang diadakan oleh BNK Solok memang telah masuk menjadi agenda rutin tahunan pemerintah Kabupaten Solok dan terhitung sejak tahun 2007 hingga saat ini. Pelaksanaan kegiatan jambore BNK Solok merupakan sebuah kontribusi guna meningkatkan pemahaman generasi muda tentang bahaya penyalahgunaan narkoba,” tutur Komjenpol Anang Iskandar (wandy)



google+

linkedin