Tampak para pemuda jorong Lubuk Selasih, serius mendengarkan arahan dari walinagari Syamsul Azwar, yang mengajak pemuda agar tetap menjaga persatuan dan tidak terbelah oleh adanya pergelaran Pilkada, meski akan ada perbedaan dalam pilihan

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Untuk meninngkatkan tali silaturrahmi antar sesama pemuda di jorong Lubuk Selasih, kenagarian Batang Barus, kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Walinagari setempat, Sayamsul Azwar menggelar acara halal bi halal dengan para pemuda, baik yang ada di jorong Lubuk Selasih maupun yang baru pulang dari rantau.

Acara Halal bi halal yang digelar, Minggu (26/7), bertempat di Masjid Baburrahman, dan dihadiri ratusan pemuda, unsur BMN dan walijorong Lubuk Selasih Irman dan Anggota Badan Musyawarah Nagari (BMN), Sal Anhar. Walinagari Batang Barus, Syamsul Azwar, dalam arahannya kepada para pemuda menyampaikan bahwa pemuda sebagai tulang punggung pembangunan dalam nagari, peran aktifnya sangat diperlukan.

Dijelaskan Syamsul Azwar yang juga Ketua Forwana Kabupaten Solok itu, keindahan nagari itu amat tergantung dengan polesan tangan dan kreasi serta kreatifitas genarasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa ini. "Oleh karena itu, melalui organisasi Pemuda atau Karang Taruna yang ada di jorong, para generasi muda bisa belajar berorganisasi yang bisa menjadi cikal bakal lahirnya pemimpin masa depan,” terang Syamsul Azwar, yang  juga Mantan Ketua Pemuda jorong setempat. Ia melanjutkan, selain temu ramah dengan pemuda demi kelestarian habitat sungai disepanjang Jorong Lubuk Selasih, maka pengawasan sungai larangan perlu diperketat. 

Sehingga ini akan menjadi salah satu sektor ekonomi pemuda. Intinya pemuda juga memiliki Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Dijelaskan Syamsul Azwar selain itu pengelolaan air bersih juga dilakukan oleh pemuda. Dana tersebut bisa digunakan pemuda untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Terutama sekali dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. 

Selain menerima kritikan dan masukan dari tokoh masyarakat dan pemuda, Syamsul Azwar menghimbau, memasuki tahun politik Pemilihan Gubernur/Bupati yang tinggal menghitung hari jangan sampai pemuda terbelah pesta rakyat tersebut.

"Tetap menjalin silarrahim dan mengedepan rasa persatuan dan kesatuan bernagari, meski akan ada perbedaan pilihan. Damai itu begitu indah dalam kehidupan bermasyarakat. Beda tetap satu, mari dukung calon sesuai pilihan hati, sebab calon yang tampil adalah putra-putra terbaik daerah yang kita cintai ini," tutur  syamsul Azwar, yang juga berkiprah disalah satu Media Mingguan tersebut (wandy)

google+

linkedin