Tampak dua paslon Bupati Solok, Agus Syahdeman, paling kanan dan Wahidup paling kiri mengapit pasangan Gusmal Yulfadri Nurdin, sebagai kandidat Bupati Solok mendatang, ketika melamar ke KPU Kabupaten Solok

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Sebanyak tiga Bakal Calon Bupati Solok, pada hari terakhir Selasa (28/7), mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU)Kabupaten Solok, di Kawasan Koto Baru. Ketiga Paslon yang mendaftar ke KPU tersebut masing-masing pasangan Desra Ediwan AT-Bachtul, Gusmal Dt Rajo Lelo-Yulfadri Nurdin dan pasangan Agus Syahdeman-Wahidup.

Dari pantauan, sejak pukul 09.00 WIB, seluruh staf dan 5 orang Komisioner tampak berbenah menanti kedatangan "marapulai" Pilkada. Dua panggung dan satu ruang tempat verifikasi data balon Bupati-Wakil Bupati telah dipersiapkan pihak KPU yang sebagai bukti kesiapan "janang" pesta Demokrasi 5 Tahunan ini. Baru, sekitar pukul 11.00 WIB, pasangan balon Bupati Desra Ediwan AT dan Wakil Bupati Bachtul sampai di Sekretariat KPU Kabupaten Solok dan merupakan pasangan pertama yang mendaftar sejak dibukanya bursa pencalonan Kepala Daerah Kabupaten Solok. 

Pasangan Desra-Bchtul yang datang ke KPU dengan arak-arakan sekitar 107 kendaraan roda empat dan pulhan kendaraan roda dua serta Selain itu, pasangan ini juga didampingi oleh pengurus partai pengusung seperti Gusrial Abbas Ketua DPD PAN dan Sekretaris Partai PAN, Aurizal, Ketua Partai Nasdem, Edyard dan Sekretaris Partai Nasdem, Doni Zulkifli, Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Solok, Firmansyah serta para kader, simpatisa dan pendukung dari tokoh masarakat daerah itu tanpak antusias mengiringi langkah Kandidat mereka, termasuk iseri tercinta dari Desra, Hj. Irianiwati dan isteri Ir. Bachtul, Ny. Melda.

Setelah itu, sekitar pukul 2 siang, KPU kembali menjamu paslon Bupati-Wakil Bupati Agus Syahdeman-Wahidup yang diusung Partai Demokrat-PDI-P. Belum selesai pasangan Agus-Wahidup melakukan verifikasi data, pasangan balon Bupati Gusmal dan Wakil Bupati Gusmal datang dengan ratusan pendukung. Gusmal sampai di KPU sekitar pukul 14.45 WIB.

Hiruk-pikuk dan riuh tepuk tangan ratusan pendukung Gusmal mengantar langkah pasangan yang diusung partai Gerindra-PKS ini. Seketika Sekretariat KPU buncah. Nyaris, semua pendukung Agus-Wahidup yang tengah menanti kandidatnya di ruang tunggu verifikasi malah berlari menyambut kedatangan mantan Bupati Solok itu. 

KPU memberikan waktu bagi paslon untuk menyampaikan orasi sekitar 20 menit waktu untuk masing-masing kandidat, tiga balon Bupati-Wakil Bupati ini meninggalkan kantor KPU bersama pendukung masing-masing. Alhasill, pendaftaran balon Bupati-Wakil Bupati ini berakhir sekitar pukul 16.30 WIB.

          Untuk pengamanan, Polres Arosuka dibantu Polresta Solok, menurunkan sedikitnya 60 orang personil untuk mengamankan hal-hal yang tidak terduga. Bahkan pengamanan yang langsung dipimpin oleh Kapolres Arosuka, AKBP Tommy Bambang Irawan, yang sejak pagi hari sudah stand by di kantor KPU,meski di meja paslon tidak tampak persiapan air mineral. Bahkan Kapolres tampak berjalan keluar untuk membeli minuman air mineral. Baru sekitar jam 12 siang, KPU menyediakan air Aqua di meja pendaftaran paslon.

Ketua KPU Kabupaten Solok, Elwiza menyebutkan, usai menirima pendaftaran tiga balon pasangan Bupati-Wakil Bupati Solok periode 2016-2021 ini, pihaknya akan melakukan verifikasi persyaratan pencalonan mulai tanggal 29 Agustus hingga 3 Agustus mendatang. Sedangkan untuk pengecekan kesehatan mulai dilakukan tanggal 28 Juli hingga 1 Agustus mendatang. 

"Hasil verifikasi ini akan diberitahukan tanggal 3 dan 4 Agustus. Serta, paslon diberi waktu untuk memperbaiki berkas hingga tanggal 7 Agustus. Setelah itu, baru diumumkan dan penetapan calon baru akan dilakukan tanggal 24 Agustus mendatang, baru dilanjut pengundian nomor kandidat," kata Elwiza.

Ketua KPU Kabupaten Solok ini juga berharap, jika ketiga paslon ini lulus verifikasi dan ditetapkan menjadi calon Bupati-Wakil Bupati, diharapkan pada para pendukung. Mulai dari seluruh kader Parpol pendukung masing-masing kandidat hingga seluruh simpatisan agar dapat menjaga kesatuan. "Kita berharap pelaksanaan Pilkada lancar dari awal sampai akhir. Tanpa ada gesekan antara masing-masing tim kampanye para kandidat," sebut Elwiza (wandy)

google+

linkedin