BIJAK ONLINE (SOLOK)- Banyaknya wisatawan dan pemudik yang datang ke Kota Solok selama musim libur lebaran ini mengakibatkan sampah di Kota Solok meningkat. Petugas pun bersiaga selama 24 jam untuk tetap membersihkan Kota Solok dari tumpukan sampah.

Walikota Solok Irzal Ilyas Dt Lawik Basa mengatakan saat ini penumpukan sampah terjadi di tempat-tempat padat penduduk, pasar, dan beberapa tempat wisata, seperti belibis, laing park, taman kota, serta tempat rekreasi lainya.

"Peningkatan ada. Teruama di daerah tujuan wisata di Kota Solok seperti di kawasan Pasar yang menjual berbagai oleh-oleh menjadi tempat berbelanja bagi para pemudik dan beberapa taman di Kota Solok," ujar Walikota. Selasa (21/7).

Untuk mengantisipasi penumpukan sampah, Pemko Solok melalui Dinas Kebersihan menyiagakan petugas kebersihan untuk mengankut sampah yang menumpuk, serta beberapa truk angkut sampah juga disiapkan.

"Khusus wilayah pusat kota, jika ada kekuarangan personel kita akan ada penambahan personel. Apabila  sampahnya cukup banyak," terang Walikota.

Sementara untuk di kawasan strategis lainnya, Dinas Kebersihan juga menyiapkan segala kebutuhan demi mengatasi penumpukan sampah, "Kita tempatkan di daerah strategis. Target utamanya pembersihan di daerah yang padat serta tujuan wisata," ucap Walikota.

Selain itu Walikota mengimbau kepada para wisatawan dan pemudik yang datang maupun yang melewati Kota Solok agar tertib membuang sampah. "Mohon partisipasi masyarakat jangan buang sampah sembarangan. Kalau tempat sampah penuh, simpan di dekatnya, nanti petugas akan membawanya," kata Walikota. (Wan/Van)

google+

linkedin