MAN 2 Padang (Gunung Pangilun)-Sekitar lebih kurang 530 siswa yang dinyatakan lulus menjadi siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Padang, mengikuti Masa Orentasi Peserta Didik Baru (MOPD) yang bernuansa Cakrawal Indonesia, yang berlangsung dari, 27 Juli sampai 30 Juli 2015.

"Sedang tahun sebelumnya hanya diikuti sekitar 400 siswa dan sebagian besar rangkaian kegiatan Masa Orentasi Peserta Didik Baru dilaksanakan di Hall Madrasah Aliyah Negeri (MAN)  2 Kota Padang," kata OSIM MAN 2 Padang, Dians Alqadri, Rabu, 29 Juli 2015..

Menurut Dians, peserta MOPD MAN 2 Padang tahun ini,  bukan hanya berasal dari Kota Padang saja, namun juga hampir 40 persen berasal dari luar kota Padang. Bahkan, ada yang berasal dari luar Sumatra Barat.

Kemudian, kata Dians,  MOPD kali ini bertemakan “Cakrawala Indonesia” karena panitia ingin memperkenalkan kemajemukan budaya dan kultur di Indonesia, sehingga para peserta MOPD diharapkan tidak hanya mengenal Ranah Minang saja, namun juga memiliki rasa kesadaran bahwa Indonesia itu kaya akan budaya. "Hal ini dapat kita lihat dari “Nama Suci”(nama khas setiap peserta) yang terdiri dari nama-nama kota, makanan khas dan objek wisata di berbagai daerah di Indonesia," katanya.

MOPD kali ini juga memberikan kesan tersendiri dari para peserta, karena MOPD tidak sama dengan MOS yang biasa dilakukan di sekolah-sekolah lain yang kental dengan perpeloncoan, karena para panitia sanngat sukses mempresentasikan karakter madrasah dan siswa yang berkarakter.


“ MOPD ini sangat berkesan bagi saya, karena saya merasa disini saya punya teman-teman baru, ditambah dengan kakak panitia yang sangat akrab kepada kami, kami di perkenalkan dengan kedisiplinan MAN 2 Padang, dan saya bangga menjadi warga MAN 2 Padang,” ucap Hafidz peserta MOPD dari Kabupaten Pesisir Selatan ketika diwawancarai sehabis apel penutupan.

Hal senada juga disampaikan oleh Miftahus Salam Hanif, siswi yang sebelumnya sekolah di SMP-it Insan Cendekia Payakumbuh ini. Katanya, dirinya sangat senang bisa bergabung dengan salah satu sekolah favorit di Sumatra Barat ini. ( Daku Panca Putra siswa MAN 2 Padang).

google+

linkedin