BIJAK ONLINE (Padang)-Sebagai salah seorang anak Nagari Indrapura, Nusirwan Chaniago menilai peluang Irwan Prayitno untuk melanjutkan perjuangan dan penagbdiannya sebagai Gubernur Sumatera Barat masih sangat besar atau berpeluang menang. 

"Saya walupun berdomisili di Jakarta, namun perkembangan Pilgub dan Pilkada Pessel tetap saya ikuti dan dari kajian dan analisa saya peluang incumbent Irwan Prayinto masih sangat baik dan sangat berpeluang menang di Pilgub Sumbar, 9 Desember, 2015 mendatang," kata Nusirwan Chaniago ketika mengikuti diskusi di Posko Tabloid Bijak dan Padangpos.com, yang juga dihadiri Zainul dan Djamalus Datuk Rajo Balai Gadang, serta Evan Cauk dari Kota Solok.

Menurut Nusirwan, meskipun Irwan Prayitno berpasangan dengan Nasrul Abit yang nota bene Bupati Pesisir Selatan, namun untuk daerah selatan, terutama Indrapura, pancuang Soal dan Tapan, sebaiknya yang turun berkampanye tu langsung Irwan Prayitno. "Kalau Nasrul Abit, saya yakin tak akan mendapat respon dari masyarakat di kampuang saya, kenapa? jujur nama Nasrul Abit agak minor," kata aktifis ini.

Kemudian, kata Nusirwan, pada satu sisi masyarakat Pesisir Selatan senang dan bangga Irwan Prayitno berpasangan dengan Nasrul Abit. "Tapi pada sisi lain, ada yang menilai Nasrul Abit tak punya rasa tanggungjawab moral, terutama masalah PT Incasi Raya dan pemekaran Renah Indojati dan bahkan ada yang menuding Nasrul Abit aktor yang memperlambat proses pemekaran," ujar praktisi hukum ini.

Selain itu, ada juga masyarakat yang menuding Nasrul Abit lebih memanfaatkan kepentingan pribadi dan kelompoknya masalah PT Incasi Raya. "Jadi, kalau pak IP ingin mendapat suara di daerah selatan, jangan ajak-ajak Nasrul Abit ikut berkampanye, tapi kalau di Air Haji atau di Kecamatan Seritigobaganti, ya silahkan sajalah," tambahnya.

Sementara Zainul, tak memikirkan betul masalah peluang Irwan Prayitno dengan Nasrul Abit. Soalnya, ada diantara keluarganya sudah menjadi tim sukses Fauzi Bahar dan Muslim Kasim. "Kalau saya untuk saat ini lebih memilih netral dan mancaliek angin dulu," katanya berdiplomasi.

Sedangkan Djamalus Datuak, langsung saja menegaskan, yang menang di Pilgub Irwan Prayitno dan dirinya telah melakukan analisa dan kajian. "Yakin sajalah, Irwan Prayitno masih menang dan lanjutkan," katranya sembari tertawa. (PRB)

google+

linkedin