BIJAK ONLINE (SOLOK)-Walikota Solok Irzal Ilyas Dt Lawik Basa melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah kantor SKPD yang ada di Kota Solok, Rabu, 22 Juli 2015 yang merupakan hari pertama masuk kerja setelah liburan Hari Raya Idil Fitri.

Hasilnya ketika mengetahui walikota datang. PNS yang sedang berada di luar kantor bergegas masuk kantor. Mereka nampak kaget saat mengetahui walikota datang ke kantornya. Tapi PNS di Bappeda Kota Solok terlihat lari kocar-kacir saat Walikota Solok sidak ke kantornya.

Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Solok. PNS kocar-kacir saat Walikota datang ke kantor Bappeda. Saat walikota datang, ada beberapa PNS yang nongkrong di Kantin dan terlihat mereka panik karena ketahuan berada di luar kantor bukan di jam istirahat.

Sebelumnya Wako mengadakan sidak dimulai dari Dinas Kesehatan, Diskoperindag, KPU, Panwaslu, Dinas PU, Bappeda kemudian Balai Kota Solok.

Menurut Wako, sidak tersebut dilakukan untuk mengecek kehadiran para Pegawai Negeri Sipil.
Pasalnya, di hari pertama masuk kerja sering kedapatan PNS yang membolos. “Hasilnya kita dapat satu, dua orang yang tidak masuk. Itu pun karena izin, ada yang sedang menghadiri pernikahan, sementara itu paling banyak di Dinas PU ada sekitar lima orang yang ketahuan membolos, " kata Wako.

Wako mengatakan untuk para PNS akan ada sanksi yang diberikan sesuai peraturan yang ada, bisa teguran, sanksi disiplin, peringatan atau skors.

"Saya berharap kedepanya para PNS jangan malas, sebagai aparatur sipil PNS harus bisa menjadi contoh yang baik untuk masyarakat," harap Wako. (Wan/Van)

google+

linkedin