Wagub Sumbar Muslim Kasim
BIJAK ONLINE-Kunjungan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Muslim Kasim ke Medan Sumatera Utara tak hanya menghadiri acara  pisah sambut Pangdam I/Bukit Barisan yang berlangsung, Senin (29/9) malam, tetapi juga memanfaatkan perjalanan dinas untuk mengunjungi sentra peternakan, guna melihat langsung inovasi dan teknologi tepat peralatan tempat makan ayam petelur.
 
“Wirausaha peternakan ayam petelur juga harus terus kita dorong. Termasuk itu, pengembangan inovasi dan teknologi tepat guna, saya pikir tempat pakan ayam yang semi otomatis akan sangat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Wagub Sumbar Muslim Kasim.
 
Berbagai diskusi juga dilontarkan Wagub Sumbar, Muslim Kasim kepada pengelela penternakan ayam petelur yang dikunjungi yakni di Binjai. Diantara yang menjadi fokus Wagub Muslim Kasim adalah terhadap pola menjaga kebersihan kandang, agar kebal dari penyakit yang disebabkan virus, dosis fvaksin yang tepat. Selain itu, juga melihat peternakan ayam petelus juga digabungkan dengan kolam ikan lele.
 
Kegiatan kunjungan Wagub Sumbar, Muslim Kasim ke peternakan ayam petelur di Binjai ini, berlangsung selama dua hari didampingi salah seorang Kabid Dinas Perindusrian dan Perdagangan dan Dinas Peternakan.
 
Menurut Wagub, Pemprov Sumbar berupaya mendorong kebijakannya pemanfaat sumber daya lokal, mengembangkan kawasan sentra peternakan ayam, sapi/kerbau potong, mengembangkan penerapan teknologi tepat guna, meningkatkan produksi dan produktivitas masyarakatanya.
 
Wagub Berharap, dinas terkait ini dapat menyatukan visi, misi, dan persepsi untuk kelancaran pembangunan di sektor peternakan Provinsi Sumbar. Menurutnya, pembangunan peternakan dapat mencapai sasaran yang optimal dengan mewujudkan kemandirian produksi masyarakat. "Salah satu permasalahan Sumbar di sektor pertenakan dan pertanian adalah penerapan teknologi tepat guna. Penerapan teknologi harus maju," imbuhnya. (AG)

google+

linkedin